Profil Prodi S1

SEJARAH

Program studi Sosiologi Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran berdiri pada tanggal 1 September 2010 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 131/D/O/2012 dan resmi beroperasi pada tanggal 8 Pebruari 2013, berdasarkan SK No. 13990/D/T/K-N/2012 tahun 2012. Pada tahun 2017, Prodi Sosiologi memperoleh nilai Akreditasi A dari BAN-PT berdasarkan Sertifikat No : SPS 020958.

VISI

Pada tahun 2020 menjadi penyelenggara pendidikan bidang sosiologi yang memiliki komitmen terhadap keunggulan dalam pembangunan dan lingkungan yang diakui secara internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang sosiologi untuk mengelola lulusan sarjana sosiologi yang memiliki daya saing secara moral maupun akademis di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  2. Mengembangkan penelitian yang menitikberatkan pada isu-isu perkembangan masyarakat dalam lingkup lokal, nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  4. Melaksanakan manajemen pendidikan bidang sosiologi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dengan menerapkan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional.
  5. Menjalin hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana sosiologi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan teori-teori sosiologi isu-isu pembangunan dan lingkungan dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  2. Terkelolanya mahasiswa sosiologi yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang metode penelitian sosiologis isu-isu pembangunan dan lingkungan secara komprehensif dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  3. Terkelolanya mahasiswa sosiologi yang memiliki kemampuan analisis untuk mencarikan solusi terhadap isu-isu pembangunan dan lingkungan dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  4. Terkelolanya mahasiswa sosiologi yang memiliki integritas, inovatif, peka terhadap fenomena sosial, memiliki daya saing dan daya juang, memiliki tanggung jawab moral dan jiwa kepemimpinan.
  5. Menghasilkan penelitian guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  6. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  7. Terlaksananya manajemen pendidikan bidang sosiologi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas, yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional.
  8. Menghasilkan hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN

  1. Mampu menguasai dan mengaplikasikan konsep dan teori sosiologi.
  2. Mampu membuat desain dan mengaplikasikan metode sosiologis baik secara kuantitatif dan kualitatif dalam melakukan penelitian.
  3. Mampu melakukan analisis masalah-masalah sosial dan mampu memberikan solusi yang aplikatif dalam perspektif sosiologi dengan memanfaatkan iptek.
  4. Mampu melaksanakan pembelajaran sosiologi yang inovatif, kontekstual dan bermakna.

KOMPETENSI PENDUKUNG

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menerapkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka  menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi scientific hasil kajian diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu betanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keahlian dan mencegah plagiasi.

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.