Profil Prodi S3

SEJARAH PENDIRIAN

Sejak didirikan pada tahun 1982, yang pengesahannya secara resmi diberikan oleh pemerintah pada tahun 1993 dengan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No. 649/DIKTI/KEP/1993, hingga bulan Januari 2009, Program Studi Doktor Ilmu Sosiologi berada di bawah pengelolaan Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Surat ijin operasional yang dimiliki adalah Surat Keputusan Dirjen DIKTI No. 146/DIKTI/KEP/2007. Pada saat itu, Program Studi Sosiologi (S-2 dan S-3) disatukan pengelolaannya dengan Program Studi Antropologi.

Pada Bulan Februari 2009, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpad No. 1221b/J06/Kep/PP/04 tanggal 31 Agustus 2004 tentang Pengalihan Secara Bertahap Pengelolaan Pendidikan Pascasarjana dari Program Pascasarjana kepada Fakultas di Lingkungan Universitas Padjadjaran,  Rektor Unpad menetapkan bahwa Program Studi Doktor Ilmu Sosiologi dialihkan pengelolaannya ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Setelah dialihkan ke FISIP Unpad, Program Studi Doktor Ilmu Sosiologi secara khusus memperoleh ijin operasional terbaru melalui Surat Rektor Universitas Padjadjaran yang ditandatangani oleh Rektor Unpad atas nama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  No. 8255/D/T/K-N/2011, tanggal 5 Agustus 2011.

Setelah dialihkan ke FISIP Unpad, melalui Surat Keputusan Dekan FISIP Unpad No 0523/h6.7/Kep/FISIP/2011, pengelolaan Program Studi Sosikedekatan bidang ilmu dan trend perkembangan keilmuan kedua disiplin tersebut serta pengelolaannya, terutama di luar negeri, yang menunjukkan semakin banyaknya universitas ternama yang mengintegrasikan pengelolaan Program Studi Sosiologi dan Antropologi (misalnya Department of Sociology and Anthropology University of Guelph dan Department of Sociology and Anthropology University of Ottawa di Canada, Department of Sociology and Anthropology Illinois State University dan Department of Sociology and Anthropology Rutgers University di Amerika, atau Jabatan Antropologi dan Sosiologi Universiti Kebangsaan Malaysia di Malaysia dan Department of Sociology and Anthropology, Ateneo de Manila University, di Filipina). Sementara, penggabungan pengelolaan S-2 dan S-3 dilandasi pertimbangan bahwa Program Studi Doktor adalah kelanjutan dari Program Studi Magister (sistem departemen/departemSentalisasi).

VISI

“Pada Tahun 2025 Menjadi Penyelenggara Pendidikan Bidang Sosiologi yang Memiliki Komitmen Terhadap Keunggulan dalam Pembangunan Dan Lingkungan yang Diakui Secara Internasional.”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang sosiologi untuk mengelola lulusan Doktor Ilmu Sosiologi yang memiliki daya saing secara moral maupun akademis di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  2. Mengembangkan penelitian yang menitikberatkan pada isu-isu perkembangan masyarakat dalam lingkup lokal, nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat guna menapong pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat umum.
  4. Melaksanakan manajemen pendidikan bidang sosiologi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dengan menerapkan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas yang bertarap lokal, nasional maupun internasional.
  5. Menjalin hubungan kerjasama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan doktor sosiologi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan teori-teori sosiologi isu-isu pembangunan dan lingkungan dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  2. Terkelolanya kandidiat doktor sosiologi yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang metode penelitian sosiologis isu-isu pembangunan dan lingkungan secara komprehensif dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  3. Terkelolanya kandidiat doktor sosiologi yang memiliki kemampuan analisis untuk mencarikan solusi terhadap isu-isu pembangunan dan lingkungan dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  4. Terkelolanya kandidiat doktor sosiologi yang memiliki integritas, inovatif, peka terhadap fenomena sosial, memiliki daya saing dan daya juang, memiliki tanggung jawab moral dan jiwa kepemimpinan.
  5. Menghasilkan penelitian guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  6. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  7. Terlaksananya manajemen pendidikan bidang sosiologi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas, yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional.
  8. Menghasilkan hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.

SASARAN

  1. Terwujudnya Program Studi yang memiliki manajemen penyelenggaraan perguruan tinggi yang sesuai dengan standar nasional KPT dan KKNI yang didukung kurikulum yang bermutu.
  2. Meningkatnya kualitas mahasiswa yang memiliki integritas, inovatif, peka terhadap fenomena sosial, berdaya saing tinggi, mandiri, berjiwa wirausaha, serta menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dan menghormati kehidupan beragama.
  3. Tercapainya lulusan mahasiswa yang memiliki rata-rata penyelesaian studi sosiologi dalam 7 semester dengan pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan rata-rata 3,50 dan memiliki pemahaman komprehensif tentang keilmuan sosiologi pada skala lokal, nasional dan internasional.
  4. Meningkatnya kualitas dosen dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta membangun program riset yang berorientasi terhadap kebutuhan masyarakat dan pemerintah.
  5. Tercapainya integrasi antara pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam kurikulum pembelajaran yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan program studi, dan masyarakat.
  6. Sistem tata kelola dan pelayanan  pendidikan yang efektif, efisien, dan akuntabel sesuai dengan SOP baik di lingkungan Fakultas maupun Universitas Padjadjaran.
  7. Meningkatkan jumlah publikasi dosen dalam jurnal nasional atau internasional dan sitasi karya ilmiah dosen.
  8. Menerbitan buku ajar dan buku referensi hasil karya dosen dan mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Sosiologi Unpad minimal 2 judul dalam setahun.
  9. Mengikutsertaan kelompok mahasiswa dan dosen dalam kegiatan PKM-M, PKM-AI, PKM-K atau PKM-P setiap tahunnya.
  10. Mengikutsertakan kelompok mahasiswa dan dosen dalam seminar/konferensi nasional dan internasional
  11. Terlaksananya sistem manajemen pendidikan yang menerapkan prinsip penjaminan mutu pendidikan tinggi, baik pada masukan, proses maupun keluaran berdasarkan aturan perundang-undangan, visi, misi dan nilai-nilai dasar Universitas Padjadjaran.
  12. Meningkatnya pengetahuan publik tentang aktivitas akademik/karya ilmiah/prestasi Program Studi Doktor Ilmu Sosiologi FISIP Unpad baik di kalangan internal Universitas Padjadjaran maupun secara nasional dan internasional.
  13. Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan komunitas masyarakat, asosiasi profesi, dunia usaha dan lembaga pemerintah minimal 1 (satu) kerjasama dalam 1 (satu) tahun.

 

STRUKTUR PROGRAM PASCASARJANA