Profil Prodi S2

SEJARAH

Program Studi Magister Sosiologi Program Pascasarjana FISIP Universitas Padjadjaran, pada saat didirikan adalah Program Studi Magister Ilmu Sosial. Secara operasional Prodi Ilmu Sosial mulai melangsungkan penyelenggaraan pendidikan S-2 pada tahun 1991. Ijin penyelenggaraan Prodi Ilmu Sosial secara resmi dikeluarkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan SK Dirjen Dikti Nomor 649/DIKTI/KEP/1993 tanggal 24 Nopember 1993 dengan Bidang Kajian Utama (BKU) Sosiologi dan Antropologi. Surat ijin penyelenggaraan Program Studi Magister Ilmu Sosial diperbarui dengan surat Keputusan Dirjen Dikti No. 146/DIKTI/Kep/2007.

Pada tahun 2009, Program Studi Magister Ilmu Sosial diubah menjadi Program Studi Magister Sosiologi berdasarkan surat Dirjen DIKTI No. 1500/D/T/2009, setelah pengelolaannya dialihkan dari Program Pascasarjana Unpad ke Program Pascasarjana FISIP Unpad. Ijin operasional terakhir diperoleh melalui Surat Rektor Unpad No. 8255/D/T/K-N/2011 tanggal 5 Agustus 2011 atas nama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, dengan Surat Rektor  No. 11352/D/T/K-N/2012, tanggal 5 April 2012. Sebelum berubah menjadi Program Studi Magister Sosiologi, Program Studi Magister Ilmu Sosial pernah diakreditasi dan mendapat Nilai B sesuai dengan surat Keputusan  BAN-PT No. 014/BAN-PT/Ak-V/S2/X/2006. Saat ini Program Studi Magister Sosiologi telah mendapatkan Akreditasi “A” berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 177/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014.

VISI

“Pada Tahun 2020 Menjadi Lembaga Pendidikan Pascasarjana Bidang Sosiologi Yang Diakui Secara Internasional, Unggul dan Mampu Merespon Berbagai Dinamika Sosial, Pembangunan dan Lingkungan”.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana Program Magister Sosiologi yang bermutu dengan sistem manajemen pendidikan pascasarjana yang profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas.
  2. Mengembangkan pendidikan pascasarjana Program Magister Sosiologi yang adaptif dan sejalan dengan perkembangan keilmuan Sosiologi, perubahan sosial dan dinamika pembangunan serta persoalan lingkungan di tingkat lokal, nasional dan global.
  3. Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat nasional dan internasional dalam penyelenggaraan pendidikan Sosiologi.
  4. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan bagi para pemangku kepentingan.
  5. Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).

TUJUAN

Tujuan Umum

Menghasilkan lulusan (Magister) Sosiologi yang berdaya saing tinggi dan memiliki landasan  moral, etika, dan tanggung jawab sosial yang baik.

Tujuan Khusus

  1. Menghasilkan lulusan Magister Sosiologi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan teori-teori sosiologi serta metodologi penelitian sosiologi yang memadai.
  2. Menghasilkan lulusan Magister Sosiologi yang mampu menganalisis secara tajam dan memberi solusi atas berbagai persoalan kemasyarakatan, pembangunan dan lingkungan di tingkat lokal, nasional, maupun global.
  3. Menghasilkan lulusan Magister Sosiologi yang mampu mengembangkan, mengajarkan, dan mendiseminasikan Sosiologi.
  4. Menghasilkan lulusan Magister Sosiologi yang mampu menjadi administrator pembangunan dan motor penggerak masyarakat serta konsultan pemberdayaan masyarakat dan masalah kemasyarakatan, pembangunan, dan lingkungan.

SASARAN

  1. Tercapainya penyelenggaraan pendidikan pascasarjana Program Magister Sosiologi yang bermutu dengan sistem manajemen pendidikan pascasarjana yang profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas.
  2. Tercapainya pengembangan pendidikan pascasarjana Program Magister Sosiologi yang adaptif dan sejalan dengan perkembangan keilmuan sosiologi, perubahan sosial dan dinamika pembangunan serta persoalan lingkungan di tingkat lokal, nasional dan global.
  3. Terbangunnya kerjasama Program Studi Magister Sosiologi Unpad dengan universitas di dalam dan luar negeri dalam penyelenggaran pendidikan Sosiologi