Profil Prodi S2

SEJARAH

Sejak didirikan pada tahun 1982 hingga tahun 2009, Program Studi MagisterSosiologi bernaung di bawah Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Sejalan dengan kebijakan Universitas Padjadjaran tentang pengelolaan Program Pascasarjana yang diintegrasikan ke masing-masing Fakultas, Program Studi MagisterSosiologi dialihkan pengelolaannya ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (FISIP-Unpad) pada bulan Februari 2009. Sejalan dengan pengalihan pengelolaan Program Studi ke FISIP, dilakukan berbagai penyesuaian termasuk antara lain penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Magister Sosiologi FISIP Unpad. Saat ini Program Studi Magister Sosiologi memperoleh predikat Akreditasi A dari BAN-PT.

VISI

“Pada Tahun 2024 menjadi lembaga pendidikan MagisterSosiologi yang diakuisecara internasional, unggul dan mampu merespon berbagai dinamika sosial, pembangunan dan lingkungan.”

MISI

  1. Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum pendidikan tinggi magister sosiologi berbasis kompetensi yang memiliki kepekaan dan antisipatif terhadap perkembangan kebutuhan di tingkat nasional maupun regional dan internasional.
  2. Mengembangkan penelitian yang menitikberatkan pada isu-isu perkembangan masyarakat dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  4. Menjalin hubungan kerjasama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional, maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.
  5. Melaksanakan tata kelola dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance) dengan menerapkan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas yang bertaraf lokal, nasional, maupun internasional.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yangmemiliki kepekaan dan antisipatif terhadap perkembangan kebutuhan di tingkat nasional maupun regional dan internasional. Terwujudnya kurikulum yang berbasis kompetensi, antisipatif terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat dan teknologi global yang diakui secara nasional dan internasional.
  2. Terciptanya Proses Belajar Mengajar (PBM) yang kondusif bagi mahasiswa dengan terus mengembangkan metode dan media yang efektif dan efisien dengan mengacu pada kurikulum pendidikan yang sudah diwujudkan.
  3. Menghasilkan penelitian-penelitian dari mahasiswa Magister Sosiologi yang menitikberatkan pada isu-isu perkembangan masyarakat dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional.
  4. Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berguna untuk menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum
  5. Menghasilkan hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.
  6. Terlaksananya tata kelola dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas, yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional.