Profil

FUNGSI DEPARTEMEN

 Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Padjadjaran No 70 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pengelola Universitas Padjadjaran, Departemen adalah unsur dari fakultas yang mendukung penyelenggaraan kegiatan akademik dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan atau pendidikan vokasi. Fungsi departemen adalah :

  1. Menyusun rencana, program dan anggaran di tingkat departemen.
  2. Menjamin kompetensi dan profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas sesuai dengan jabatan akademiknya.
  3. Berkoordinasi dengan ketua program studi, menyelenggarakn dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan perkembangan keilmuan (state of the art) sebagai scientific vision , dan pasar kerja melalui penelusuran lulusan (tracer study).
  4. Berkoordinasi dengan ketua program studi dalam hal penempatan dosen pengampu mata kuliah sesuai kurikulum.
  5. Mengembangkan, mengevaluasi dan monitoring kemajuan karir akademik dosen untuk mengembangkan pendidikan.
  6. Mengoordinasikan kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen sesuai dengan bidang kompetensinya dalam rangka merealisasikan target kinerja lembaga.
  7. Mengoordinasikan pelaksanaan kerja sama pemanfaatan kepakaran dosen oleh pihak lain seperti pemerintah, pemerintah daerah, swasta atau masyarakat.
  8. Merintis dan mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan, riset dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.
  9. Memfasilitasi publikasi karya-karya ilmiah dosen.
  10. Melaksanakan kegiatan kerja sama pendidikan dan beasiswa.
  11. Menyelenggarakan diseminasi hasil riset, pengabdian kepada masyarakat, dan inovasi melalui kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional.
  12. Melaporkan penyelenggaraan kegiatan departemen yang bersifat akademik kepada dekan melalui wakil dekan bidag akademik, kemahasiswaan, inovasi dan kerjasama.
  13. Memberikan pertimbangan penilaian kinerja staf departemen kepada kepala sub bagian administrasi umum,  dan.
  14. Melaporkan penyelenggaraan kegiatan departemen yang bersifat non akademik kepada dekan melalui wakil dekan bidang perencanaan, tata kelola, sistem informasi dan sumber daya.

 

TENAGA PENGAJAR

  1. Prof. Oekan S. Abdoellah, M.A., Ph.D
  2. Prof. Dr. Drs. H. Sam’un Jaja Raharja, M.Si.
  3. Prof. Dr. Opan S. Suwartapradja, M.Si.
  4. Prof. Dr. Nandang Alamsah Deliarnoor, SH., M.Hum
  5. Budhi Gunawan, MA., Ph.D
  6. M. Fadhil Nurdin, M.A., Ph.D.
  7. Binahayati, M.S.W., Ph.D.
  8. Rini S. Soemarwoto, M.A., Ph.D.
  9. Yogi Suprayogi Sugandi, S.Sos, MA, Ph.D
  10. Dr. Bintarsih Sekarningrum
  11. Dr. Wahyu Gunawan, MSi
  12. Yusar, S.Sos., MSi
  13. Desi Yunita, S.Sos., MSi
  14. Budi Sutrisno, S.Sos., MSi

 

 SARANA PRASARANA

 Proses belajar mengajar di lingkungan Departemen Sosiologi FISIP Unpad dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai yang terdiri dari ruang kuliah ber AC yang dilengkapi media pembelajaran LCD, ruang seminar/rapat, laboratorium komputer,  laboratorium bahasa, laboratorium multi media, dan ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan media pembelajaran dan fasilitas internet wireless connection (WiFi) di semua gedung yang dapat digunakan oleh civitas akademika untuk mengakses informasi akademik. Selain itu mahasiswa dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Universitas Padjadjaran seperti stadiun olah raga, lapangan futsal, UPT Kesehatan, Mesjid Raya Unpad dan transportasi yang ada di lingkungan kampus.

Semua fasilitas tersebut adalah milik sendiri (FISIP Unpad) yang dapat digunakan secara efektif dalam  seminggu baik di lingkungan kampus FISIP Jatinangor maupun kampus Bukit Dago Bandung. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses e-learning dan perpustakaan pusat yang dikelola oleh Centre of Information Scientific Resources and Library Universitas Padjadjaran (CISRAL-Unpad), sehingga dapat melakukan penelusuran buku secara Online Public Acses Catalogue (OPAC), yaitu sistem penelusuran koleksi buku secara otomasi, termasuk jurnal baik jurnal berbahasa Indonesia maupun jurnal berbahasa Inggris yang disediakan oleh JSTOR, EBSCO, dan PROQUEST.