Penerimaan Mahasiswa S2

SISTEM REKRUTMEN

Proses seleksi mahasiswa baru Program Studi (Magister) Sosiologi sebagai bagian dari Program Pascasarjana FISIP Unpad dilakukan melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) yang dilaksanakan secara terintegrasi oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMUP Unpad. Proses SMUP dilakukan melalui beberapa tahapan berikut:

  1. Penyebaran informasi pendaftaran secara online, melalui websiteunpad (smup.unpad.ac.id) dan secara manual melalui leaflet dan
  2. Penerimaan pendaftaran calon mahasiswa secara online.
  3. Pengecekan administrasi bagi calon mahasiswa dilakukan oleh DCISTEM Unpad.
  4. Pengumuman hasil seleksi kelengkapan administrasi disertai dengan pemberian kartu ujian yang didalamnya meliputi jadwal tes, waktu, dan ruangan tes.
  5. Ujian saringan masuk program magisterlebih diutamakan pada proses wawancara terkait dengan minat dan rencana penelitian yang akan dilakukan, setelah mahasiswa menyerahkan kelengkapan administratif tentang syarat-syarat minimal yang harus dipenuhi calon mahasiswa, antara lain adalah hasil TOEFL yang senilai/setara dengan minimal 500. Mulai tahun 2016, Pendaftaran dan pengisian form onlineSMUP dapat dilakukan setelah peserta memperoleh nilai Test Kemampuan Akademik(TKA), Test Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa FakultasIlmuBudayaUniversitasPadjadjaran dan telah melakukan pembayaran Biaya Seleksi.
  6. Clearing House, yaitu penentuan kelulusan masing-masing program studi serta hasil akhir yang diterima.
  7. Pengumuman calon mahasiswa yang diterima secara.

SYARAT PENERIMAAN

Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran mengacu pada beberapa pertimbangan, antara lain mencakup: mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat calon mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, kemampuan ekonomi dan gender.

Secara khusus untuk Program Studi Magister Sosiologi FISIP Unpad memberlakukan persyaratan sebagai berikut:

  1. Sarjana berbagai bidang ilmu (multi entry).
  2. Indeks Prestasi Kumulatif S1 minimal3,25 pada skala 4.
  3. Lulus seleksi masuk, menunjukkan hasil TOEFL senilai 500 yang dilakukan oleh calon mahasiswa secara mandiri dan proposal penelitian kemudian dilanjutkan dengan wawancara sebagai syarat utama seleksi masuk Program Studi Magister Sosiologi FISIP Unpad. Mulai tahun 2016, seleksi masuk dilakukan setelah calon mahasiswa lulus Test Kemampuan Akademik (TKA) dan Test Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yang dikeluarkan dari Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Mengunggah Ringkasan Proposal Usulan Penelitian untuk Thesis ketika mendaftar online. Ringkasan Usulan Peneltiian memuat judul, latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan dan metode Ringkasan tidak lebih dari 350 kata.

Selain persyaratan di atas, calon mahasiswa juga diharuskan menyerahkan kelengkapan sebagaib erikut:

  1. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Akademik S-1 yang telah dilegalkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi asal. Bagi Ijazah luar negeri harus sudah memperoleh penyesuaian dari DIKTI.
  2. Dua Surat Referensi/Rekomendasi dari Guru Besar/Dosen Senior atau dari Pimpinan Instansi tempat
  3. Surat Pernyataan pelamar dan dukungan dari pimpinan.
  4. Surat kesanggupan di atas materai untuk membayar biaya pendidikan dan biaya hidup selama kuliah.
  5. Surat Keterangan sehat dari Dokter atau Rumah Sakit
  6. Pas foto berwarna terbaru dua lembar ukuran 4 x 6 cm.
  7. Keputusan penerimaan didasarkan syarat-syarat yang ditentukan (kelengkapan administrasi dan seleksi akademik) dan hasil rapat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.
  8. Bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BPPS, diwajibkan melengkapi persyaratan dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Diberikan kepada dosen PTN/PTS (Dosen PNS diperbantukan, Dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIP Yayasan serta telah memenuhi angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli 100)
  • Formulirlamaran BPPS bagi pelamar dosen PTS harus diketahui/ disetujui oleh kopertis setempat
  • Pengumuman penerima BPPS, sesuai surat dari DIKTI

Untukpelamardosen, diwajibkan untuk melampirkan SK Pengangkatan sebagai Dosen PTN/ PTS. Khusus untuk dosen PTS diketahui/disetujui oleh kopertis setempat.

Berikut pedoman penerimaan mahasiswa Magister dan Doktor di lingkungan Universitas Padjadjaran