Kurikulum Prodi S2

STRUKTUR KURIKULUM

Perkuliahan pada Program Magister Sosiologi FISIP Unpad dilaksanakan dalam kurun waktu 4 hingga maksimum 8 semester, mencakup kegiatan perkuliahan, penulisan Usulan Penelitian, kegiatan Penelitian Lapangan, Ujian Tesis. Jumlah dan SKS masing-masing mata kuliah yang harus ditempuh sebagai berikut :

Sebelum memulai perkuliahan di semester I, berkaitan dengan latar belakang calon mahasiswa, mahasiswa yang memiliki latar belakang S2 bukan Sosiologi (tidak sebidang) diwajibkan mengikuti kegiatan matrikulasi dengan mengambil mata kuliah ”Dasar-Dasar dan Konsep Utama Sosiologi” dan mata kuliah ”Isu-Isu Sosiologi” dengan beban SKS 0 (non-SKS). Perkuliahan ini wajib diambil untuk membekali mereka dengan pengetahuan/konsep dasar dan isu-isu sosiologi. Termasuk dalam isu-isu sosial yang harus difahami oleh mahasiswa antara lain adalah isu pembangunan, kemiskinan, dan lingkungan hidup. Selain perkuliahan tersebut, seperti halnya calon mahasiswa yang sebidang, sebelum memulai perkuliahan semester I, semua mahasiswa baru Program Magister Sosiologi diwajibkan mengambil perkuliahan  tentang Penulisan Karya Ilmiah dan Statistika Sosial. Kedua perkuliahan ini memiliki beban SKS 0 (non-SKS).

 

ROADMAP KURIKULUM

Berdasarkan roadmap, perkuliahan dimulai dengan kewajiban mahasiswa untuk mengambil mata kuliah Filsafat Ilmu, Metode Penelitian Sosial, Teori-Teori Sosiologi I dan II, Teori dan Isu-Isu Pembangunan dan Metode-Metode dalam Kajian Sosiologi yang didukung dengan mengambil enam mata kuliah pilihan dari 16 mata kuliah yang ditawarkan.

Setelah menyelesaikan semua perkuliahan, mahasiswa berhak menyusun Usulan Penelitian Tesis yang akan diujikan di depan komisi penguji. Setelah Usulan Penelitian Tesis dinyatakan layak, mahasiswa melakukan penelitian lapangan dan penulisan draft tesis. Setelah draft tesis selesai, mahasiswa diwajibkan mengikuti Ujian Naskah Tesis (UNT). Bila dinyatakan lulus dalam UNT, mahasiswa berhak mengikuti Ujian Tesis.