KKNM INTEGRATIF 2018

PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DOSEN INTEGRATIF

 

KKNM Integratif merupakan program pembelajaran bagi mahasiswa yang terintegrasi dengan PPM Dosen yang menekankan pada prinsip belajar bersama masyarakat. KKNM Integratif terbagi ke dalam beberapa kelompok dari pelbagai fakultas di Universitas Padajdjaran.

Mahasiswa KKNM dibagi ke dalam beberapa desa yang ada di Jatinangor dan wilayah lainnya seperti Sumedang dan Kabupaten Bandung. Namun, KKNM Integratif ini lebih difokuskan pada Desa yang ada di Jatinangor salah satunya Desa Cikeruh. Mahasiswa yang melakukan pengabdian di desa Cikeruh terdiri dari 9 orang dari pelbagai fakultas yang dibimbing oleh Budi Sutrisno, S.Sos., M.Si. Tema dari program pengabdian ini adalah Studi Partisipatif Identifikasi Potensi Dan Masalah Wilayah Rw. 06 Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang”.

Program pengabdian di Desa Cikeruh dilaksanakan kurang lebih selama 2 minggu terhitung dari tanggal 04 Desember 2017 – 13 Januari 2018. Mahasiswa KKN Desa Cikeruh diberikan tanggungjawab oleh pembimbing untuk melakukan observasi dan wawancara terkait dengan potensi dan masalah yang ada di desa tersebut. Kemudian melakukan rembug warga untuk menghasilkan prioritas masalah yang nantinya akan dilaksanakan beberapa program sesuai dengan potensi dan masalah yang ada di Desa tersebut.

Desa Cikeruh memiliki potensi dan masalah yang dihadapi. Potensi yang dimiliki salah satunya kesenian reak (semacam kuda lumping) yang dikelola oleh para pemuda Karang Taruna. Masalah yang ada di Desa Cikeruh RW. 06 dari 3 RT rata-rata memiliki masalah yang sama yaitu kekurangan pasokan air ketika musim panas, adanya kenakalan remaja dan dalam masalah kesehatan ada beberapa warga yang menginjak usia lanjut terkena penyakit stroke.

Alhasil, kami melaksanakan program yang sesuai dengan permintaan masyarakat yaitu Kerja Bakti, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja, Medical Check Up, serta Penyuluhan Kesehatan di Hari Tua. Program Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja dilaksanakan sebagai bentuk upaya pencegahan adanya kenakalan yang sekarang sedang marak terjadi pada usia remaja yaitu pacaran, hamil di luar nikah, dan lainnya. Sedangkan Penyuluhan Kesehatan di Hari Tua dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya menjaga kesehatan dari sejak dini dan memberikan tips hidup sehat sebagai upaya pencegahan adanya penyakit yang sering terjadi saat menginjak usia lanjut seperti stroke, diabetes dan lainnya.

Kami sebagai mahasiswa KKN merasa senang dan bahagia dengan antusias warga terutama ibu-ibu yang berpartisipasi dalam program ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Dari kegiatan KKN ini semoga mahasiswa KKN dapat mengambil banyak pelajaran dan lebih peka terhadap masyarakat sekitar. Bahwa tugas mahasiswa bukan hanya pengajaran dan penelitian. Ada yang lebih penting dari keduanya yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan mengamalkan ilmu sesuai dengan bidang kajiannya.